System
saraf manusia terdiri dari 2 kompenen utamayang terdiri dari otak dan sumsum
tulang belakang yang merupakan pusat kordinasi. System saraf pusat
menghubungkan apa yang kita rasakan (misalnya apa yang kita lihat, dengar,
cium, kecap, dan rasa) dengan apa yang kita lakukan (misalnya bagaimana kita
menggerakkan tangan dan kaki). System saraf perifer adalah system pengantar
pesan, membawa informasi dari sel reseptor ke system saraf pusat dan di arahkan
kembali ke berbagai bagian tubuh untuk menanggapi rangsangan tersebut. Sel
saraf (neuron) menyediakan sarana bagi system saraf untuk mentransmisikan dan
mengkordinasikan informasi. Anehnya neuron tidak langsung bersentuhan, mereka
mengirim pesan kimia ke neuron terdekat melalui ruang kecil yang di sebut
sinapsis.neuron juga bergantung pada sel lainnya yang dikenal sebagai sel
glial. Mari kita melihat sifat dari masing-masing elemen kunci dari system
saraf.
1.
Neuron
Neuron
memainkan tiga peran sekaligus di tubuh manusia. Neuron sensorik membawa
informasi masuk dari sel reseptor, lalu dikirimkan ke interneuron untuk
diintergrasikan dan ditafsirkan sehingga menghasilkan “keputusan” lalu dikirim
ke motor neuron yang mengirim pesan tentang bagaimana tubuh menanggapi pesan
tersebut. Seperti yang anda duga neuron sensorik dan motoric terletak di system
saraf perifer. Sebagian besar interneuron yang ditemukan terletak di system
saraf pusat, terutama di otak. Neuron sering di sebut materi abu-abu karena
warnanya, neuron bervariasi dalam bentuk dan ukuran tetapi memiliki beberapa
fitur yang sama. Neuron memiliki tubuh sel (soma) yang berinti sel inti dan
bertanggung jawab atas kesehatan sel. Selain itu mereka memiliki struktur
seperti cabang dikenal sebagai dendrit, yang menerima pesan dari neuron lain.
Mereka juga memiliki akson (seperti lengan) yang mentransmisikan informasi ke
neuron tambahan (terkadang neuron memiliki lebih dari 1 akson). Ujung dari axon
dapat bercabang berkali-kali dan ujungnya memiliki tombol terminal yang mengandung zat kimia
tertentu tapi untuk beberapa neuron banyak akson yang ditutupi dengan zat lemak
putih yang disebut selubung myelin. Ketika dendrit neuron dirangsang oleh sel
lain, dendrit menjadi bermuatan listrik. Dalam beberapa kasus neuron
mengabaikan informasi tersebut karena muatan listriknya terlalu kecil. Tapi
ketika muatan berada pada level tertentu (ambang eksistensi) neuron terbakar
dan mengirim denyut listrik sepanjang akson untuk tombol terminal. Selubung
myelin berfungsi untuk mempercepat informasi terhantarkan.
2.
Sinapsis
Ujung
percabangan akson neuron yang menjangkau dendrit dari neuron lain (tetapi tidak
bersentuhan). Tranmisi informasi dalam neuron adalah listrik sedangkan antar
neuron dalam bentuk kimia. Saat impuls listrik bergerak ke bawah akson neuron,
itu adalah sinyal bagi tombol terminal untuk melepaskan bahan kimia yang
disebut neurotransmitter. Mungkin kita pernah mendengar obat yang mengandung
dopamine, epinefrin, norepinefrin, serotonin, asam amino atau peptide. Semua
itu adalah neurotransmitter, seperti dopamine adalah neurotransmitter kunci
yang secara aktif terlibat dalam kesadaran, perencanaan dan penghambatan
prilaku yang tidak relevan. Beberapa
bukti menunjukkan bahwa skizofrenia dan gangguan kejiwaan lainnya yang serius
terkadang adalah hasil dari tingkat dopamine yang abnormal
3.
Sel
Glial
Hanya
sekitar 10% dari sel-sel di otak yang neuron.neuron tersebut mungkin 1 sampai 5
triliun sel glial (neuroglial) yang disebut materi putih karena warnanya. Sel
glial memiliki banyak peran seperti “ahli gizi” yang mengontrol aliran darah ke
neuron, “dokter” yang menangani infeksi dan luka, atau “kru pembersih” yang
membuang zat yang tidak diinginkan di dalam otak. Dasar bangunan blok ini (neuron,
sinapsis, dan sel glial) membuat kita mungkin untuk hidup seperti bernafas dan
tidur, mengidentifikasi rangsangan yang kita hadapi seperti mengakui teman atau
hewan peliharaan keluarga, merasakan emosi seperti merasa takut saat menghadapi
bahaya, dan terlibat dalam banyak proses pikiran sadar seperti membaca, menulis
memecahkan masalah matematika.
A.
STRUKTUR
OTAK DAN FUNGSINYA
1.
Metode
Dalam Penelitian Otak
a. Studi
dengan binatang, yang biasanya digunakan adalah mancit (karena memiliki
kekebalan dan berbagai aspek lainnya yang mendekati manusia)
b. Penelitian
postmortem, bebrapa orang saat hidup mungkin bersedia mengorbankan otaknya
untuk dijadikan bahan penelitian atau seseorang bersedia menyumbangkan otak
keluarga mereka yang baru saja meninggal.
c. Studi
kasus dengan orang yang memiliki cidera otak, biasanya dilakukan dengan cara
pengamatan saat mereka hidup dan dilanjutkan dengan postmortem setelah mereka
meninggal
d. Rekaman
listrik, atau lebih dikenal dengan electroencephalograph(EEG) yaitu menempatkan
elektroda di lokasi strategis di kulit kepala. Peneliti biasanya mengambil data
dengan meminta subjek melakukan kegiatan tertentu.
e. Neuro
imaging, dengan kemajuan teknologi peneliti dapat mengambil gambar dari aliran
darah atau tingkat metabolism di berbagai bagian otak.
Tak satupun dari metode ini sempurna,
tikus tidak memiliki kecerdasan yang tinggi, otak manusia yang mati mengalami
penurunan secara keseluruhan, cidera otak dapat mempengaruhi beberapa daerah
otak, electroencephalograph tidak memberi tahu dimana letak berfikir terjadi
dan neuroimaging melibatkan peralatan diagnosis mahal dan ketersediaannya
terbatas hanya untuk penelitian dasar. Namun metode apapun setidaknya sedikit
memberikan gambaran dan manfaat untuk penelitian selanjutnya.
2.
Bagian
Otak
Tiga komponen utama otak adalah otak
belakang, otak tengah dan otak depan. Otak belakang terletak dibagian bawah
dari otak, terdiri dari struktur yang lebih kecil (medulla, pons dan otak
kecil), otak belakang terlibat dalam proses fisiologi dasar yang membuat kita
tetap hidup (bernafas, menelan, tidur, mengantuk, mengatur detak jantung dll.
Otak kecil aktif terlibat dalam keseimbangan dan motoric yang kompleks
(berjalan, bersepeda, bermain badminton dll). Selanjutnya adalah otak tengah
yang memiliki peran penting pendukung dalam penglihatan (membantu mengontrol
dan mengkordinasikan mata). Formasi paling penting dari otak tengah adalah
formasi reticular yaitu kunci dari perhatian dan kesadaran, dapat mengingatkan
kita terhadap rangsangan potensial yang penting terhadap reseptor tubuh.
Terakhir adalah otak depan yaitu tempat terjadinya kegiatan mental yang
kompleks. Bagian paling atas adalah cortex yang tampak seperti 2 bagian yang
sama tetapi bertolak belakang (seperti cermin). Para ahli membagi cortex
menjadi 4 bagian, yaitu
1.
Lobus
frontal
Terletak
didepan dan atas cortex, menjadi tempat pemikiran sadar kita, bertanggung jawab
untuk aktivitas manusia yang kompleks termasuk Bahasa, perhatian berkelanjutan,
perencanaan dll. Selain itu sebagai penghambat pikiran dan tindakan yang tidak
relevan dan tidak pantas. Sangat depan didekat dahi disebut korteks prefontal
sangat penting dalam kesadaran dan pengendalian fikiran.
2.
Lobus
parietal
Terletak
di bagian punggung atas korteks, bertugas menerima dan menginterpretasikan
informasi (suhu, tekanan, tekstur dan rasa sakit). Terlibat juga dalam
memperhatikan, pengolahan suara kata dan berfikir tentang karakteristik spasial
dari objek atau peristiwa.
3.
Lobus
oksipital
Terletak
pada sisi paling belakang, bertanggung jawab untuk menafsirkan dan mengingat
informasi visual
4.
Lobus
temporal
Terletak
pada sisi belakang telinga, berperan dalam menafsirkan dan mengingat informasi
pendengaran yang kompleks, juga tampak penting dalam mengingat informasi untuk
jangka panjang terutama untuk konsep dan pengetahuan dunia umum.
Berikut
adalah beberapa bagian yang perlu diketahui dari otak depan yang terletak di
dalam dan dibawah kortek
·
System limbic, sekelompok struktur yang penting untuk belajar, mengingat, emosi
dan motivasi.
·
Struktur hippocampus, erat terlibat
dalam perhatian dan pembelajaran terutama yang kita sadari belajar dan
mengingat.
·
Amigdala, menonjol dalam emosi terutama
yang tidak menyenangkan seperti takut, stress marah dll
·
Thalamus, terletak di tengah otak
berfungsi menerima informasi yang masuk dari berbagai neuron sensorik dan
mengirimkanna ke daerah yang sesuai dari korteks. Berperan dalam gairah,
perhatian dan ketakutan
·
Hipotalamus, terletak dibawah thalamus,
mengatur kegiatan yang berkaitan dengan kelangsungan hidup seperti pernafasan,
mengatur suhu tubuh, merasa lapar dan haus, kawin, pertempuran dan melarikan
diri dari bahaya.
3. Belahan Kiri Dan Belahan Kanan
Dalam
beberapa hal otak kiri dan otak kanan memiliki spesialisasi yang berbeda,
anehnya otak kiri bertanggung jawab
mengendalikan sisi kanan tubuh dan sebaliknya. Untuk kebanyakan orang
otak kiri tampaknya bertanggung jawab atas bahasa, dengan 2 bidang yang dikenal
sebagai area broca dan wernickle, menjadi pemain utama dalam produksi ujaran
dan pemahaman Bahasa. Membaca dan keterampilan perhitungan matematis juga
tampaknya sangat tergantung dari otak kiri. Sebaliknya otak kanan lebih dominan
dalam visual dan pengolahan spasial. Secara umum sisi kiri lebih tepat untuk
menangani rincian, sedangkan sisi kanan lebih cocok untuk melihat dan
mensintesiskan keseluruhan. Tidak ada yang disebut sebagai left thinker ataupun
right thinker, 2 belahan otak yang kita miliki sudah terintegrasi dengan sangat
baik. Contoh otak kiri menangani sintaks dan arti kata, sedangkan otak kanan
mampu mempertimbangkan beberapa arti kata dan maengambil konteksnya sehingga
kita bias mendeteksi sarkasme, ironi, metafora dan permainan kata.
Lelucon
hanya bekerja jika otak kiri dan otak kanan bekerja secara bersamaan. Otak kiri
bertanggung jawab atas Bahasa lebih dari 90% orang bertangan kanan tetapi hanya
60% orang bertangan kiri. Terkadang satu daerah bias mengambil alih fungsi
daerah lain. Sebagai contoh jika sebelum usia 1 tahun mengalami kerusakan pada
bagian kiri otaknya dan dioperasi untuk di hilangkan, bagian kanan mengambil
alih kemampuan Bahasa untuk membantu anak menjadi normal dalam berbahasa.
4.Keterkaitan Struktur Otak
Kedua
belahan otak biasanya bekerja sama untuk memahami dan menanggapi dunia, ingat
juga bahwa setiap neuron memiliki ratusan sinapsis dengan neuron lain. Semakin
baik kondisi setiap bagian tersebut maka akan membantu proses belajar menjadi
lebih baik, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pada intinya belajar atau
berfikir tentang hampir apa saja (bahkan satu katapun) membutuhkan proses distribusi
melewati banyak bagian dari otak.
B.
PERKEMBANGAN
OTAK
Sebuah
mitos yang tersebar menyebutkan bahwa kedua otak sepenuhnya matang dalam
beberapa tahun pertama kehidupan sehingga banyak orang tua membom bardir
anaknya dengan berbagai stimulus seperti belajar biola, membaca, kelas seni dan
lain sebagainya bahkan sebelum anaknya mencapai umur TK. Walaupun banyak
perkembangan otak terjadi sebelum kelahiran dan di beberapa tahun pertama
setelah lahir, tapi otak terus berkembang hingga dewasa awal. Sebaiknya
stimulus di beberapa tahun pertama kehidupan disesuaikan dengan tingkat
perkembangan anak.
1.
Pengembangan
Pranatal
Otak
pertama kali muncul berbentuk tabung di 25 hari setelah pembuahan, lalu tabung
tersebut membentuk kantong sehingga muncul 3 ruang yaitu otak depan, tengah dan
otak belakang. Neuron sangat cepat terbentuk di dalam tabung tersebut, sekitar
50.000 samapai 100.000 sel baru per detik di minggu ke 5-20. Neuron bermigrasi
ke berbagai lokasi ditarik oleh berbagai bahan kimia dan diukung oleh sel glia.
Saat mereka mencapai tujuan, mereka mengirim dendrit dan akson untuk terhubung
satu sama lain. Mereka yang terhubung mulai mengambil fungsi tertentu,
sedangkan yang tidak cenderung mati.
2.
Perkembangan
di Bayi dan Anak Usia Dini
Antara
kelahiran dan usia 3 tahun, ukuran otak lebih besar tiga kali lipat. Korteks
serebral adalah bagian otak yang telah dewasa pada saat lahir, kita akan banyak
melihat kemajuan dalam berfikir, penalaran anak dan pengendalian diri. Berikut
adalah ciri perkembangan otak pada tahun awal
a.
Synaptogenesis
Sinapsis pada neuron sudah terbentuk baik sebelum
lahir. Tapi tak lama setelah kelahiran, tingkat pembentukan sinapsis meningkat
drastic. Neuron menyebarkan dendrit baru ke segala arah dan melakukan kontak
dengan banyak neuron lainnya. Berkat proses ini anak-anak mempunyai sinapsis
lebih banyak dari orang dewasa. Synaptogenesis akan berhenti tetapi akan
berbeda-beda waktunya untuk tiap bagian otak.
b.
Diferensiasi
Sebagai neuron membentuk sinapsis dengan satu sama
lain, mereka juga mulai mengambil fungsi tertentu sehingga neuron menjadi
spesialis.
c.
Pemangkasan
sinaptik
Terjadi karena sinapsis tidak berguna dan tidak
relevan, bahkan suatu system dibentuk untuk menjamin pemangkasan synaptic
terjadi. Dengan mengirim pesan ke neuron lain, menyebabkan penerima informasi
mengeluarkan zat yang menjaga kehidupan mereka yang biasa disebut dengan factor
trofik. Jika neuron secara teratur menerima factor trofik dari sumber yang
sama, mereka membentuk sinaps yang stabil dengan sumber tersebut. Jika suatu
neuron tidak mendapatkan factor trofik dari neuron lain, maka mereka akan mati.
d.
Mielinasi
Proses terselubunginya aksos neuron oleh selubung
myelin. Beberapa mielinasi dimulai menjelang akhir periode prenatal. Mielinasi
meningkatkan kapasitas otak untuk menanggapi dunia dengan cepat dan efisien.
3.
Perkembangan
di masa Anak, Remaja, dan Dewasa
Mielinasi
berlanjut hingga ke usia dua puluhan, lobus frontal menunjukan bukti pematangan
yang cukup pada masa remaja akhir atau dewasa awal, yang memungkinkan meningkatnya
perhatian, perencanaan, dan control impuls. Dengan pubertas dating juga
perubahan kadar horon anak muda (estrogen dan testosterone) yang mempengaruhi
pematangan struktur otak dan memungkinkan peningkatan produksi dan efektivitas
neurotransmitter. Tingkat neurotransmitter yang tidak normal juga dapat
menyebabkan kerusakan di otak (kasus “A” di awal)
Faktor Yang Mempengaruhi
Perkembangan otak
1.
Nutrisi
Nutrisi dapat mempengaruhi produksi dan mielinasi
neuron dan pertumbuhan sel glial.
2.
Lingkungan
yang tercemar
Timbal, merkuri, pestisida dan sebagainya memiliki
dampak yang signifikan terutama selama periode
prenatal dan dalam beberapa tahun pertama setelah lahir.
3.
Alcohol
Calon ibu yang mengkonsumsi alcohol secara
berlebihan selama kehamilan menyebabkan kemungkinan anak mereka mengembangkan
sindrom alcohol janin, yaitu kondisi yang ditandai dengan ciri khas wajah,
koordinasi motoric yang buruk, Bahasa yang tertunda, dan cacat intelektual
4.
Pengalaman
Pengalaman dapat juga membuat perbedaan, anak yang
dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang hangat akan lebih baik
perkembangannya di bandingkan dengan anak yang tinggal di lingkungan keluarga
yang kasar.
5.
Latihan
fisik
Latihan fisik juga dapat merangsang pertumbuhan
neuron.
6.
Kesempatan
untuk belajar hal baru
Seperti memainkan alat music, membaca atau
menyulap memberikan hasil beda yang
nyata dalam ukuran, organisasi, atau fungsi struktur otak yang relevan
Terdapat
periode dimana otak dapat berkembang dengan sangat baik, sebagai contoh
perhatikan penemuan terbaik ini.
·
Mereka yang mulai pelatihan music
sebelum usia 10 tahun menunjukkan aktivasi yang lebih besar dibagian tertentu
dari otak mereka daripada yang memulai lebih tua
·
Dalam persepsi virtual, anak-anak yang
dilahirkan dengan katarak akan kemungkinan bias melihat normal jika pembedahan
dilakukan diusia 2 tahun dibandingkan yang lebih tua akan cenderung buta
walaupun dioperasi.
·
Dalam hal Bahasa, anak-anak pada tahun
awal yang kurang terkena paparan Bahasa akan sulit berkembang dan sulit mengolah
Bahasa dikemudian hari.
Tapi
beberapa ahli meragukan adanya periode dimana otak berkembang dengan baik
terhadap semua keterampilan dan domain pengetahuan, seringkali orang menjadi
ahli dalam topic atau keterampilan yang tidak mereka lakukan hingga mereka
remaja atau dewasa. Sebagai contoh saya tidak belajar mengemudi sampai saya
berusia 16 tahun, tidak belajar psikologi sampai saya mencapai perguruan tinggi
tapi dengan waktu dan latihan saya bisa menguasai dengan cukup mahir hal-hal
tersebut.
Experience-Expectant versus
Experience-Dependent Plasticity
Keterampilan
yang dimiliki manusia sejak ribuan tahun (persepsi visual, Bahasa dan
sebagainya) disebut Experience-Expectant. Walaupun manusia bisa membedakan
Antara suara pidato dan suara disekitarnya, secara alami manusia belajar
menghiraukan suara lain dan focus kepada suara pidato. Experience-Dependant
adalah pengalaman atau keterampilan unik sebagai hasil dari budaya dan
masyarakat social di sekitar orang tersebut. Keterampilan ini muncul ketika
mereka hidup di kondisi lingkungan tersebut dalam waktu yang cukup lama dan
mungkin muncul di hampir setiap usia, sebagai contoh bagaimana cara menempuh
jalan dari rumah hingga ke bangk dilingkungan kita yang baru. Kembali sedikit
kebelakang, ini sedikit memberi jawaban tambahan mengenai kondisi kritis atau
kondisi terbaik perkembangan otak.
Untuk Apa Perluasan Otak
Dipersiapkan, Untuk Mengetahui Atau Untuk Belajar Sesuatu ?
Mari
kita lihat sekali lagi di Bahasa. Berbicara dan memahami Bahasa adalah prestasi
ajaib bagi anak-anak, mereka tidak hanya harus menguasai gerakan motoric halus
yang terlibat dalam memproduksi berbagai konsonan dan vocal tetapi juga puluhan
ribu arti kata ditambah struktur sintaksis yang begitu banyak dan beragam.
Bagaimana anak menguasai Bahasa secepat itu merupakan salah satu misteri
terbesar dari perkembangan anak. Pertimbangkan juga penemuan ini dari
penelitian bayi.
·
Dalam 24 jam, bayi memiliki beberapa
kemampuan untuk membedakan Antara benda yang dekat dengan mereka dibandingkan
benda yang jauh. Seolah-olah mereka dapat menilai jarak jauh sebelum mereka
memiliki banyak kesempatan untuk belajar tentang jarak
·
Bayi berusia 1 atau 2 hari dapat meniru
ekspresi wajah, mengerucutkan bibir mereka, membuka mulut mereka atau
mencuatkan lidah mereka. Terdapat neuron cermin yang dapat mencatat dan mengingat ketika bayi melakukan tindakan
tertentu atau ketika mereka melihat orang lain melakukan hal itu.
·
Dalam 3 atau 4 bulan, bayi menunjukkan
tanda kejutan ketika benda padat bertabrakan, ketika suatu objek dilempar
diudara.
C.
BASIS
FISIOLOGI DARI BELAJAR
Banyak
teori percaya bahwa dasar untuk belajar
terletak pada perubahan interkoneksi antara neuron, khususnya penguatan dan
pelemahan sinapsis yang ada atau pembentukan yang baru. Beberapa peneliti menemukan
bahwa pembentukan neuron baru (neurogenesis) berlangsung seumur hidup dalam
bagian tertentu dari hippocampus dan mungkin juga daerah tertentu dari frontal
dan parietal lobus. Mempelajari hal baru berguna untuk meningkatkan tingkat
keberlangsungan hidup dan pematangan neuron muda, tanpa pengalaman seperti itu
makan neuron ini akan mati. sel glial dikenal sebagai astrosit memiliki peran
yang sama penting dengan neuron (bahkan mungkin lebih penting) dalam belajar
dan mengingat. Jumlah astrosit jauh melebihi jumlah neuron, memiliki zat kimia
untuk berkomunikasi dengan astrosit lainnya dan dengan neuron lain, dan juga
tampaknya memiliki control atas apa yang neuron lakukan ataupun tidak dan
menentukan sebanyak apa neuron berkomunikasi dengan neuron lainnya. Otak yang
normal memproduksi banyak astrosit sepanjang hidup manusia. Adapun jawaban
untuk dimana proses pembelajaran terjadi adalah di berbagai tempat. Lobus
frontal yang aktif saat kita harus memperhatikan dan memikirkan informasi baru,
dan lobus dari korteks mungkin aktif untuk menafsirkan informasi tersebut.
Hippocampus tampaknya menjadi tokoh sentral dalam proses pembelajaran,
menyatukan informasi yang didapan dari berbagai bagian dari otak untuk
membentuk kemudian mengkonsolidasikan dengan kenangan lama. Dan tetangga dari
hippocampus yaitu amygdala, kemungkinan berperan dalam kenangan emosional yang
anak muda bentuk.
D.
PENELITIAN
OTAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN
·
Hilangnya beberapa sinapsis baik itu
diinginkan atau tidak, rupanya adalah upaya untuk melestarikan sebagian besar
dari mereka. lebih lebih dititik beratkan pada keuntungan kehilangan sinapsis
karena akan meningkatkan efisiensi otak. Kemajuan pesat dalam belajar bahkan
terjadi setelah beberapa sinapsis hilang atau rusak.
·
Banyak lingkungan membina perkembangan
otak normal. Misalnya untuk mendapatkan penglihatan teropong yang normal, anak
membutuhkan input visual yang seimbang untuk kedua mata. Dapat dikatakan
perkembangan otak akan normal jika stimulus yang diberikan sesuai dengan
tingkat perkembangan anak.
·
Tahun-tahun awal sangat penting
untukbelajar, tetapi begitu juga dengan tahun-tahun berikutnya. Memang anak
yang mengikuti kegiatan pengayaan akan lebih meningkat dari anak yang tidak
mengikuti kegiatan tersebut. Namun peningkatan tersebut akan berkurang dari
waktu kewaktu bahkan akan hilang sama sekali kecuali anak tersebut terus
merangsang pengalaman selama ditahun sekolah.
·
Tidak ada yang namanya mengajar untuk
otak kanan maupun otak kiri. Seperti yang kita ketahui kedua belahan otak
bekerja sama secara intens dihampir semua kegiatan berfikir dan belajar.
·
Dalam hal periode terbaik perkembangan
otak, kesempatanakan tetap ada setidaknya selama celah masih ada. Periode
terbaik memberitahu kita waktu terbaik untuk kemampuan tertentu dibina, tetapi
tidak memberitahu kita bahwa itu adalah satu-satunya waktu.
·
Penelitian otak membantu kita
memperbaiki teori belajar, tetapi tidak memberitahu kita tentang apa yang
diajarkan dan bagaimana cara terbaik mengajarkannya.
No comments:
Post a Comment