Saturday, 31 October 2015

TUJUAN dan MANFAAT PENELITIAN




A.    Pendahuluan
Tujuan penelitian merupakan rumusan kalimat yang menunjukkan adanya hasil, sesuatu yang diperoleh setelah penelitian selesai, sesuatu yang  akan dicapai/dituju dalam sebuah penelitian. Tujuan penelitian harus jelas dan tegas, karena tujuan penelitian merupakan suatu indikasi ke arah mana, atau data (informasi) apa yang akan dicapai melalui penelitian. Tujuan penelitian dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang konkret dapat diamati dan dapat diukur.
Rumusan tujuan mengungkapkan keinginan peneliti untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang diajukan. Oleh karena itu, rumusan tujuan harus relevan dengan identitas masalah yang ditemukan, rumusan masalah dan mencerminkan proses penelitian.  
Rumusan tujuan harus lebih luas daripada sekedar hal yang bermasalah. Jawaban terhadap rumusan masalah dan tujuan penelitian terletak pada kesimpulan penelitian dan membantu mengatasi, memecahkan dan mencegah masalah yang ada pada objek yang diteliti. Kegunaan hasil penelitian terhubung dengan saran-saran yang diajukan setelah kesimpulan.
B.     Tujuan penelitian
Tujuan penelitian adalah aspek-aspek yang ingin diperoleh dalam melakukan penelitian. Oleh karena itu sangat erat kaitannya dengan jenis penelitian yang dilakukan.
Menurut V. Young dalam Scientific Social Survey and Research dapat dipahami bahwa tujuan penelitian adalah:
1.      Menemukan fakta-fakta atau bukti-bukti baru dalam lingkup pendidikan dan menguji fakta-fakta lama. Dengan demikian setiap fakta-fakta yang telah ditemukan, pada waktunya perlu di uji kembali guna memperoleh fakta-fakta yang lebih aktual.
2.      Menganalisa urutan-urutannya, antar hubungan dan penjelasan-penjelasan sebab akibat yang muncul dalam kerangka teoritis yang ada dalam referensi-referensi pendidikan.
3.      Mengembangkan alat-alat, konsep-konsep dan teori-teori ilmiah yang baru dalam bidang pendidikan yang dapat memudahkan validitas dan reliabilitas studi tentang tingkah laku manusia.


Secara ringkas tujuan penelitian adalah :
1.      Untuk mengetahui deskripsi berbagai fenomena alamiah
2.      Untuk menerangkan hubungan antara berbagai kejadian
3.      Untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
4.      Untuk memperlihatkan efek tertentu
Adapun tujuan penelitian dibagi menjadi dua;
a.       Tujuan Umum: tujuan umum merupakan tujuan penelitian secara keseluruhanyang ingin dicapai melalui penelitian.
Contoh: mengetahui hubungan antara kualitas fisik sarana air bersih yang digunakan dengan terjadinya diare di wilayah Kota Samarinda.
b.      Tujuan Khusus: tujuan khusus merupakan penjabaran atau pentahapan tujuan umum, sifatnya lebih operasional dan spesifik. Bila semua tujuan khusus tercapai, maka tujuan umum penelitian juga terpenuhi. Kata-kata operasional dalam tujuan khusus ialah: mengukur, mengidentifikasi, menganalisa, membandingkan, menilai, mengetahui, dll.
Contoh : (1) mengetahui jenis sarana air bersih yang digunakan oleh masyarakat Kota Samarinda (2) mengetahui kondisi/kualitas fisik sarana air bersih yang digunakan oleh masyarakat Samarinda.
Apabila tujuan umum suatu penelitian sudah spesifik maka tidak perlu diuraikan kedalam tujuan khusus, maka tidak perlu adanya tujuan umum dan tujuan khusus, cukup dibuat “tujuan penelitian” saja.
Dengan  memahami masalah dengan baik dan merumuskannya dengan tepat, besar kemungkinan merumuskan tujuan akan dapat dilalui dengan baik pula. Sebaliknya jika masalah yang akan diteliti masih belum jelas, maka akan sulit bagi calon peneliti untuk merumuskan tujuan penelitian yang akan diteliti. Tujuan penelitian sangat besar pengaruhnya terhadap komponen-komponen penelitian lain seperti metode, teknik, instrumen maupun generalisasi yang diperoleh. Ketajaman peneliti dalam merumuskan tujuan penelitian akan sangat mempengaruhi keberhasilan penelitian yang dilaksanakan, karena tujuan penelitian merupakan acuan dan tujuan yang akan dicapai melalui kegiatan penelitian.
Penelitian kependidikan sangat besar artinya bagi pengembangan ilmu pengetahuan secara umum dan teori-teori pendidikan serta sistem pendidikan maupun kepentingan praktis dalam penyelenggaraan pendidikan. Melalui penelitian kependidikan dapat diketahui kelemahan-kelemahan yang ada dalam praktek pendidikan dan bagaimana upaya perbaikannya. Dapat pula diketahui kebijakan-kebijakan apa yang dapat dilakukan untuk suatu lembaga pendidikan tertentu serta teori dan fakta apa yang lebih tepat digunakan untuk masa dan tempat tertentu.
Tujuan penelitian sebaiknya dirumuskan sebagai kalimat pertanyaan yang konkrit dan jelas tentang apa yang akan diuji, dikonfirmasi, dibandingkan, dan dikorelasikan dalam penelitian tersebut.
C.    Manfaat penelitian
Di dalam pengertian suatu penelitian mengandung dua manfaat, yaitu manfaat teoritis dan juga manfaat praktis.
1. Manfaat teoritis
Penelitian ini bertitik tolak dengan meragukan suatu teori tertentu atau yang disebut dengan penelitian verifikatif. Adanya keraguan terhadap teori itu muncul apabila yang terlibat tidak dapat lagi menjelaskan kejadian-kejadian aktual yang tengah dihadapi. Dilakukannya pengujian atas teori tersebut bisa melalui penelitian secara empiris serta hasilnya dapat menolak ataupun mengukuhkan serta merevisi teori yang berhubungan.
2. Manfaat praktis
Di lain sisi, penelitian juga berguna untuk memecahkan permasalahan praktis. Semua lembaga yang bisa kita jumpai di masyarakat, seperti lembaga pemerintahan ataupun lembaga swasta, sadar akan manfaat tersebut dengan menempatkan suatu penelitian dan juga pengembangan sebagai bagian dari integral organisasi merek.
Jadi kedua manfaat tersebut adalah syarat untuk dilakukannya sebuah penelitian yang mana telah dinyatakan di dalam desain atau rancangan penelitian.
D.    Kesimpulan
Tujuan penelitian adalah aspek-aspek yang ingin diperoleh dalam melakukan penelitian. Oleh karena itu sangat erat kaitannya dengan jenis penelitian yang dilakukan.ujuan penelitian murni akan berbeda dengan penelitian terapan, dan berbeda pula dengan penelitian evaluasi.
Hasil penelitian kependidikan dapt menggambarkan keadaan pendidikan dan kemampuan sumber daya yang ada, kemungkinan pengembangan serta hambatan-hambatan yang dihadapi atau dtemukan dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya di lokai penelitian.


DAFTAR PUSTAKA

  Hartono. Metodologi Penelitian. Pekanbaru : Zanafa. 2011.
 Cik Hasan Bisri & Eva Rufaidah. Model Penelitian Agama dan Dinamika Sosial. Jakarta:Raja Grafindo Persada.2002.
 http://tesis-disertasi.blogspot.com/2008/04/kegunaanmanfaat-penelitian.html diakses pada  tanggal : 19 september 2014  pukul 14:22



No comments:

Post a Comment