A.
Pendahuluan
Tujuan
penelitian merupakan rumusan kalimat yang menunjukkan adanya hasil, sesuatu
yang diperoleh setelah penelitian selesai, sesuatu yang akan
dicapai/dituju dalam sebuah penelitian. Tujuan penelitian harus jelas dan
tegas, karena tujuan penelitian merupakan suatu indikasi ke arah mana, atau
data (informasi) apa yang akan dicapai melalui penelitian. Tujuan penelitian
dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang konkret dapat diamati dan dapat diukur.
Rumusan
tujuan mengungkapkan keinginan peneliti untuk memperoleh jawaban atas
permasalahan penelitian yang diajukan. Oleh karena itu, rumusan tujuan harus
relevan dengan identitas masalah yang ditemukan, rumusan masalah dan
mencerminkan proses penelitian.
Rumusan tujuan
harus lebih luas daripada sekedar hal yang bermasalah. Jawaban terhadap rumusan
masalah dan tujuan penelitian terletak pada kesimpulan penelitian dan membantu
mengatasi, memecahkan dan mencegah masalah yang ada pada objek yang diteliti.
Kegunaan hasil penelitian terhubung dengan saran-saran yang diajukan setelah
kesimpulan.
B.
Tujuan penelitian
Tujuan penelitian adalah
aspek-aspek yang ingin diperoleh dalam melakukan penelitian. Oleh karena itu
sangat erat kaitannya dengan jenis penelitian yang dilakukan.
Menurut V. Young dalam
Scientific Social Survey and Research dapat dipahami bahwa tujuan penelitian
adalah:
1. Menemukan fakta-fakta atau bukti-bukti baru dalam
lingkup pendidikan dan menguji fakta-fakta lama. Dengan demikian setiap
fakta-fakta yang telah ditemukan, pada waktunya perlu di uji kembali guna
memperoleh fakta-fakta yang lebih aktual.
2. Menganalisa urutan-urutannya, antar hubungan dan
penjelasan-penjelasan sebab akibat yang muncul dalam kerangka teoritis yang ada
dalam referensi-referensi pendidikan.
3. Mengembangkan alat-alat, konsep-konsep dan teori-teori
ilmiah yang baru dalam bidang pendidikan yang dapat memudahkan validitas dan
reliabilitas studi tentang tingkah laku manusia.
Secara ringkas tujuan
penelitian adalah :
1. Untuk mengetahui deskripsi berbagai fenomena alamiah
2. Untuk menerangkan hubungan antara berbagai kejadian
3. Untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam
kehidupan sehari-hari
4.
Untuk
memperlihatkan efek tertentu
Adapun tujuan penelitian dibagi menjadi dua;
a.
Tujuan Umum:
tujuan umum merupakan tujuan penelitian secara keseluruhanyang ingin dicapai
melalui penelitian.
Contoh: mengetahui hubungan antara kualitas fisik
sarana air bersih yang digunakan dengan terjadinya diare di wilayah Kota
Samarinda.
b.
Tujuan Khusus:
tujuan khusus merupakan penjabaran atau pentahapan tujuan umum, sifatnya lebih
operasional dan spesifik. Bila semua tujuan khusus tercapai, maka tujuan umum
penelitian juga terpenuhi. Kata-kata operasional dalam tujuan khusus ialah:
mengukur, mengidentifikasi, menganalisa, membandingkan, menilai, mengetahui,
dll.
Contoh : (1) mengetahui jenis sarana air bersih yang
digunakan oleh masyarakat Kota Samarinda (2) mengetahui kondisi/kualitas fisik
sarana air bersih yang digunakan oleh masyarakat Samarinda.
Apabila tujuan umum suatu penelitian sudah spesifik maka tidak perlu
diuraikan kedalam tujuan khusus, maka tidak perlu adanya tujuan umum dan tujuan
khusus, cukup dibuat “tujuan penelitian” saja.
Dengan memahami masalah dengan baik
dan merumuskannya dengan tepat, besar kemungkinan merumuskan tujuan akan dapat
dilalui dengan baik pula. Sebaliknya jika masalah yang akan diteliti masih
belum jelas, maka akan sulit bagi calon peneliti untuk merumuskan tujuan
penelitian yang akan diteliti. Tujuan penelitian sangat besar pengaruhnya terhadap
komponen-komponen penelitian lain seperti metode, teknik, instrumen maupun
generalisasi yang diperoleh. Ketajaman peneliti dalam merumuskan tujuan
penelitian akan sangat mempengaruhi keberhasilan penelitian yang dilaksanakan,
karena tujuan penelitian merupakan acuan dan tujuan yang akan dicapai melalui
kegiatan penelitian.
Penelitian kependidikan
sangat besar artinya bagi pengembangan ilmu pengetahuan secara umum dan
teori-teori pendidikan serta sistem pendidikan maupun kepentingan praktis dalam
penyelenggaraan pendidikan. Melalui penelitian kependidikan dapat diketahui
kelemahan-kelemahan yang ada dalam praktek pendidikan dan bagaimana upaya
perbaikannya. Dapat pula diketahui kebijakan-kebijakan apa yang dapat dilakukan
untuk suatu lembaga pendidikan tertentu serta teori dan fakta apa yang lebih
tepat digunakan untuk masa dan tempat tertentu.
Tujuan penelitian sebaiknya
dirumuskan sebagai kalimat pertanyaan yang konkrit dan jelas tentang apa yang
akan diuji, dikonfirmasi, dibandingkan, dan dikorelasikan dalam penelitian
tersebut.
C.
Manfaat penelitian
Di
dalam pengertian suatu penelitian mengandung dua manfaat, yaitu manfaat
teoritis dan juga manfaat praktis.
1. Manfaat
teoritis
Penelitian
ini bertitik tolak dengan meragukan suatu teori tertentu atau yang disebut
dengan penelitian verifikatif. Adanya keraguan terhadap teori itu muncul
apabila yang terlibat tidak dapat lagi menjelaskan kejadian-kejadian aktual
yang tengah dihadapi. Dilakukannya pengujian atas teori tersebut bisa melalui
penelitian secara empiris serta hasilnya dapat menolak ataupun mengukuhkan
serta merevisi teori yang berhubungan.
2. Manfaat
praktis
Di
lain sisi, penelitian juga berguna untuk memecahkan permasalahan praktis. Semua
lembaga yang bisa kita jumpai di masyarakat, seperti lembaga pemerintahan
ataupun lembaga swasta, sadar akan manfaat tersebut dengan menempatkan suatu
penelitian dan juga pengembangan sebagai bagian dari integral organisasi merek.
Jadi kedua manfaat tersebut adalah
syarat untuk dilakukannya sebuah penelitian yang mana telah dinyatakan di dalam
desain atau rancangan penelitian.
D.
Kesimpulan
Tujuan
penelitian adalah aspek-aspek yang ingin diperoleh dalam melakukan penelitian.
Oleh karena itu sangat erat kaitannya dengan jenis penelitian yang
dilakukan.ujuan penelitian murni akan berbeda dengan penelitian terapan, dan
berbeda pula dengan penelitian evaluasi.
Hasil penelitian
kependidikan dapt menggambarkan keadaan pendidikan dan kemampuan sumber daya
yang ada, kemungkinan pengembangan serta hambatan-hambatan yang dihadapi atau
dtemukan dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya di lokai penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Hartono. Metodologi Penelitian. Pekanbaru : Zanafa.
2011.
Cik Hasan Bisri & Eva
Rufaidah. Model Penelitian Agama dan Dinamika Sosial. Jakarta:Raja Grafindo
Persada.2002.
http://tesis-disertasi.blogspot.com/2008/04/kegunaanmanfaat-penelitian.html diakses pada tanggal : 19 september 2014 pukul 14:22
http://andamemangluarbiasa.blogspot.com/2013/03/tujuan-dan-kegunaan-penelitian-bab-i.html diakses pada tanggal : 19
september 2014 pukul 13:30
No comments:
Post a Comment